Cara praktis membuat sepatu ombre

Pada zaman modern seperti sekarang ini, sepatu bukan lagi sekadar berfungsi sebagai alas kaki. Saat ini muncul beragam model dan desain sepatu yang dijual di toko-toko. Nah, salah satu desain sepatu yang kini sedang menjadi tren di kalangan anak muda adalah sepatu ombre. Proses pembuatannya relatif mudah. Mau tahu? Berikut ini cara praktis membuat sepatu ombre.
cara membuat sepatu ombre
-
Ombre berasal dari bahasa Prancis, yang berarti “shaded” atau corak. Ombre merupakan perpaduan dari gradasi warna terang ke gelap, atau sebaliknya. Sudah banyak toko yang menjual sepatu ombre. Namun kita juga bisa membuatnya sendiri, sesuai dengan warna keinginan kita. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.
1. Siapkan sepatu polos berbahan kanvas.  Bahannya sama seperti sepatu kanvas yang biasa dipakai untuk membuat sepatu lukis. Siapkan pula pewarna yang diinginkan, dan sebuah sunblock.
cara membuat sepatu ombre
-
2. Bagian sol sepatu dilapisi tipis dengan sunblock, yang berfungsi melindungi sol dari pewarna yang akan digunakan. Jika tidak ada sunblock, Anda bisa menutup sol sepatu dengan solatif kertas.
cara membuat sepatu ombre
-
3. Larutkan pewarna ke dalam sebuah wadah, lalu celupkan ujung sepatu ke dalamnya sekitar 30 – 60 detik. Ulangi sekali lagi untuk mendapatkan warna tua yang lebih gelap.
cara membuat sepatu ombre
-
4. Ambil kain basah, dan gosok secara lembut warna untuk membuat gradasi yang mulus dari gelap ke terang. Jika perlu, basahi kain menggunakan air yang telah diberi pewarna yang sama.
cara membuat sepatu ombre
-
5. Setelah warnanya sempurna, bilas sepatu di bawah air mengalir, sampai tidak ada lagi warna yang larut pada air. Keringkan sepatu dengan cara digantung semalaman.
cara membuat sepatu ombre
-
6. Setelah kering, bersihkan sol sepatu dari lapisan sunblock dengan cara menyikatnya. Sebelumnya, sikat diberi detergen dan baking soda. Biarkan beberapa menit, lalu bilas.
cara membuat sepatu ombre
-
7. Keringkan kembali sepatu, dan kini sepatu ombre siap Anda pakai kemana saja, dijamin anti-luntur!
cara membuat sepatu ombre
-
Kalau penasaran, berikut ini ada tiga video yang bisa memandu Anda:
-
-
-
Semoga bermanfaat.
sumber:http://simomot.com/2014/03/12/cara-praktis-membuat-sepatu-ombre/

Komentar

Postingan Populer